Selasa, 06 Juni 2017

Apa yang Harus Dilakukan Saat Aksesoris Wanita Menyebabkan Alergi?




Beberapa aksesoris wanita yang terbuat dari logam bisa menyebabkan alergi pada kulit.Alergi yang terjadi biasanya berupa ruam kemerahan atau bintil-bintil berair yang sangat gatal. Menurut para ahli kesehatan, cara terbaik untuk mencegah terjadinya alergi adalah dengan menjauhi faktor pemicunya. Dalam hal alergi aksesoris ini, berarti Anda yang alergi sebaiknya menjauhi aksesoris yang menyebabkan alergi tersebut. Tapi, apakeh berarti Anda tidak bisa menggunakannya lagi?Betapa sayang rasanya.


Aksesoris Masih Bisa Dipergunakan

Sebenarnya, aksesoris wanita yang menyebabkan alergi tersebut masih bisa digunakan. Alergi biasanya terjadi saat keringat bereaksi dengan logam sehingga terbentuk zat yang membuat alergi. Jadi, agar masih bisa mempergunakannya, solusinya adalah memastikan bahwa logam yang menyebabkan alergi tersebut tidak terkena keringat dan kulit. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Yang pertama adalah menggunakan aksesoris diatas pakaian sehingga sehingga aksesoris tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Cara ini bisa dilakukan pada aksesoris wanita jenis kalung yang cukup panjang yaitu dengan memakai kalung dibawah kerah sehingga rantai logamnya tidak langsung mengenai kulit leher. Cara ini juga bisa dilakukan pada liontin. Caranya, liontin bisa digunakan bersama kalung yang tidak menyebabkan alergi seperti kalung serat tumbuhan atau polyester. Pastikan kalungnya cukup panjang sehingga liontin akan berada di atas pakaian dan tidak bersentuhan langsung dengan kulit saat digunakan.

Cara pertama ini memang sangat terbatas karena hanya bisa dilakukan untuk jenis aksesoris wanita tertentu. Selain itu, cara seperti ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi tubuh tidak berkeringat banyak. Jika keringat sangat banyak, maka keringat bisa saja mengenai logam yang selanjutnya bereaksi dan hasil reaksinya bisa terserap kain dan mengenai kulit sehingga menyebabkan alergi.

Cara kedua yang lebih efektif dan bisa diaplikasikan pada berbagai jenis aksesoris baik kalung, gelang, anting, hingga kacamata adalah dengan menggunakan kuteks bening. Kuteks atau cat kuku yang bening tidak berwarna dipulaskan ke permukaan bagian logam sehingga seluruh permukaannya terlapisi oleh kuteks. Kuteks yang bening tahan air sehingga keringat tidak akan mengenai logam yang telah terlapis kuteks. Dengan begitu, aksesoris wanita yang digunakan tidak akan lagi menyebabkan alergi walaupun kondisi badan berkeringat cukup banyak.

Cara kedua ini menjadi solusi nyata untuk para wanita yang ingin menggunakan berbagai macam aksesoris trendi tanpa harus takut akan mengalami alergi. Namun, harus diperhatikan bahwa pemulasan kuteks harus dilakukan secara menyeluruh jangan sampai ada permukaan logam yang tidak tertutupi kuteks. Jika masih ada yang terbuka, maka akan ada kemungkinan terkena keringat dan bereaksi. Selain itu, pemulasan harus dilakukan secara berkala karena lapisan kuteks bisa saja terkelupas.Jadi, pastikan melakukan perawatan aksesoris wanita yang baik agar bisa dipakai dengan nyaman dan aman.                                             

1 komentar so far


EmoticonEmoticon