Minggu, 17 Desember 2017

Khasiat Lidah Buaya yang Harus Diketahui

foto:kompas.com

Lidah buaya termasuk obat herbal yang sudah digunakan sejak lama. Tanaman ini tumbuh di iklim tropis dan subtropis yang mempunyai gel bermanfaat untuk pengobatan luka bakar terutama sengatan matahari. Khasiat lidah buaya untuk pengobatan herpes genital telah teruji secara klinis, namun indikasi lain seperti psoriasis masih belum bisa meyakinkan. Selain untuk kulit ternyata masih banyak khasiat lidah buaya yang harus diketahui, inilah ulasannya!

Pengobatan gigi dan gusi
Sebuah studi mengungkapkan bahwa penerapan gel lidah buaya ke gigi sama efektifnya dengan pasta gigi dalam melawan gigi berlubang. Para periset membandingkan kemampuan gelatin pada Aloe vera dengan dua pasta gigi populer. Mereka menemukan bahwa gel itu sama baiknya dan dalam beberapa kasus bahkan lebih baik daripada pasta gigi komersial untuk mengendalikan bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut. Lateks lidah buaya mengandung antrakuinon, senyawa yang secara aktif menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit efek antiinflamasi secara alami.

Sembelit
Banyak ahli yang setuju dengan khasiat lidah buaya untuk pengobatan sembelit. Anda bisa mengkonsumsi gel lidah buaya untuk menyembuhkan sembeli. Kalau tidak suka rasanya bisa mencampurkan dengan madu murni.

Mengandung banyak vitamin, mineral dan zat  lainnya
Lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat seperti vitamin A, C, dan E. Tanaman ini juga kaya akan vitamin B, termasuk B1, B2, B3 (niasin) B6, B9 (asam folat), dan B12. Lidah buaya sangat bermanfaat berkaitan dengan vitamin B12. Tidak hanya mengandung vitamin, tapi justru meningkatkan bioavailabilitas B12 di dalam tubuh. Hal itu tentu bagus bagi para vegetarian, yang lebih rentan terkena defisiensi B12.
Lidah buaya juga mengandung kolin, seng, magnesium, tembaga, kalsium, potasium, natrium, selenium, kromium, dan mangan. Selain itu, enzim yang ditemukan di lidah buaya membantu dalam proses pencernaan dengan memecah gula dan molekul lemak. 

Memiliki sifat anti-inflamasi.
Salah satu enzim dalam gel lidah buaya adalah bradykinase, yang efektif dalam melawan peradangan. Enzim ini, bersama dengan vitamin lainnya, memungkinkan lidah buaya untuk mengurangi peradangan. Satu studi menemukan bahwa sterol dalam lidah buaya mengurangi peradangan pada tikus sebesar 37 persen.

Menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit.
Khasiat lidah buaya yang perlu diketahui selanjutnya adalah membantu menghidrasi kulit dan mengurangi munculnya keriput. Karena hal ini, sekarang banyak krim kulit komersial mengandung lidah buaya. Produk pembersih tangan juga sering kali menyertakan beberapa gel lidah buaya yang dicampur untuk mencegah pengeringan kulit.

Itulah khasiat lidah buaya yang perlu diketahui oleh banyak orang. Jika ada tanaman ini di sekitar Anda, maka gunakanlah sebaik mungkin.


EmoticonEmoticon