Kamis, 12 Juli 2018

Inilah Kelebihan dan Kekurangan dari Air Cooler, Sudah Tahu Belum?

Produk air cooler yang semakin marak di pasaran memang membuat masyarakat kini punya piihan lain untuk mendinginkan ruangan. Meski tak sepopuler AC dan kipas angin, air cooler saat ini mulai banyak diperbincangkan dan mendapat tempat di hati publik. Besarnya permintaan akan air cooler sendiri terlihat dari semakin bermunculannya ragam brand air cooler di pasaran. Tapi meski mulai mendapat respon baik dari konsumen, Anda yang berencana membeli air cooler juga perlu mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Berikut ulasannya. Air cooler itu tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan AC (air conditioner), masih banyak sekali orang bingung tentang apa itu air cooler. Nah, kalau Anda termasuk orang yang masih bingung tentang pengertian air cooler, Anda bisa cek aja langsung artikel tentang apa itu air cooler.
Salah satu jenis produk air cooler

Kelebihan Air Cooler

Kelebihan Air cooler dibanding beberapa alat atau produk pendingin ruangan lainnya antara lain :

1.    Harga lebih murah
Kelebihan pertama air cooler dibanding pendingin ruangan lain, terutama AC (Air Conditioner) adalah harganya yang lebih murah. Tidak hanya harga belinya saja yang murah, tapi menggunakan air cooler juga membuat Anda bisa menghemat biaya perawatan dan juga biaya pengoperasian.

2.    Hemat listik dan energi
Meski juga menggunakan listrik untuk mengoperasikan air cooler, tapi bila dibandingkan dengan AC maka penggunaan listrik pada air cooler lebih hemat. Penggunaan daya listrik yang diperlukan air cooler ini bahkan mencapai sekitar 1/10 dari listrik pada AC. Tidak hanya hemat listrik, air cooler juga tidak membutuhkan tegangan listrik tinggi. Dari kedua hal tersebut maka akan membuat tagihan listrik bulanan Anda akan lebih murah. 

3.    Ramah lingkungan
Jika Anda menggunakan AC maka akan ada zat freon yang bisa merusak lapisan ozon di bumi. Ketika lapisan ozon di bumi rusak maka akan ada fenomena global warming yang ini sedang terjadi. Tapi bila Anda menggunakan air cooler maka Anda akan bisa mencegah global warming lebih parah. Ini dikarenakan air cooler tidak menggunakan bahan freon, tapi memakai air yang didinginkan oleh batu es. Dari sini air cooler akan aman dan ramah lingkungan. 

4.    Portabilitas
Terakhir, kelebihan dari air cooler adalah kemudahan untuk penggunaan dan juga pemasangan. Air coller yang bersifat portabel membuat Anda bisa membawa dan memindahkannya kemana pun Anda suka. Tapi bila Anda menggunakan AC maka Anda harus memasangnya dulu dengan melubangi dinding tembok. Selain itu AC tidak bisa dipindah-pindahkan sesuai kemauan seperti pada air cooler.
Kekurangan Air Cooler

Produk air coller juga punya beberapa kekurangan, seperti :

1.    Kurang cocok dengan iklim sub tropis
Negara yang berada di iklim sub tropis akan kurang tepat menggunakan air cooler karena kelembaban udaranya membuat kinerja air cooler tidak efektif. Tapi untuk negara di iklim tropis seperti di Indonesia, air cooler cukup mumpuni dan efektif karena suhu udaranya yang panas sepanjang tahun.

2.    Harus rutin memasok air es
Untuk mendinginkan udara, air cooler memang membutuhkan air es yang kemudian dimasukkan ke dalamnya. Nah dari sinilah maka Anda yang memilih air cooler sebagai alat pendingin ruangan harus rajin-rajin mengecek stock air es dan juga memasok atau memasukkan air es setiap saat ke dalam air cooler.

3.    Tidak bisa mengontrol suhu udara
Terakhir, kekurangan atau kekurangan dari air cooler adalah tidak bisa mengontrol suhu udara. Tidak seperti AC yang dapat diatur suhu udaranya sesuka hati dengan remote, pada air cooler, Anda tidak bisa melakukannya. Hal ini karena dengan air cooler, Anda hanya bisa melakukan pengaturan level air saja.


EmoticonEmoticon