Jumat, 19 Juli 2019

Apa Itu SOP dan Ini Dia Pekerjaan yang Tanpa Adanya SOP


Apa itu SOP? Mungkin untuk Anda yang belum pernah bekerja di sebuah perusahaan atau lembaga yang besar masih belum mengenal tentang apa itu SOP. Sebab SOP tentunya sudah pasti ada dalam sebuah perusahaan maupun lembaga besar. Karena memang tak dapat dipungkiri bahwa SOP memiliki peranan yang penting dalam mensukseskan sebuah pekerjaan dengan hasil yang lebih efektif dan efisien.
SOP atau standar operasional prosedur sendiri merupakan standar yang di dalamnya memuat tentang berbagai informasi seputar pekerjaan atau kegiatan yang akan dilakukan serta tentang tahap atau langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh petugas mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Pada umumnya SOP berbentuk dokumen yang terdiri dari format-format tertentu sesuai dengan pekerjaan yang digarap.
Iya memang SOP sendiri memiliki beberapa jenis format mulai dari simple steps untuk pengerjaan tugas yang sederhana yang mana prosedurnya kurang dari 10 orang. Kemudian ada lagi hierarchical steps yang digunakan apabila prosedur yang disusun memiliki 10 langkah atau lebih dan memerlukan informasi yang detail.
Selain itu ada juga graphic yang mana format SOP yang satu ini digunakan ketika prosdur memiliki susunan kegiatan yang panjang dan cukup spesifik. Kemudian ada lagi format flowchart yang digunakan apabila SOP memerlukan pengambilan keputusan yang cukup banyak dan membutuhkan opsi alternatif.
Pada umumnya setiap perusahaan memiliki SOP, sebab SOP sendiri memiliki banyak sekali fungsi termasuk sebagai pedoman atau acuan para pekerja dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Iya berbagai lembaga maupun perusahaan tentu menggunakan SOP untuk memacu kinerja para unit kerja agar dengan hasil yang lebih efektif dan efisien.
Lalu adakah pekerjaan yang tidak memerlukan SOP? Iya sebenarnya  setiap pekerjaan tentu memiliki peraturan, tujuan, tahap-tahap, dan cara agar lebih efektif dan efisien. Namun tidak semuanya dibukukan secara tertulis layaknya SOP. Mungkin beberapa alasan mengapa aturan-aturan pekerjaan tersebut tidak dibukukan diantaranya karena tidak memerlukan pekerja dengan jumlah yang banyak, jenis pekerjaan yang tidak begitu rumit dan kompleks, dan sebagainya sehingga tidak memerlukan aturan-aturan yang tertulis layaknya SOP.
Iya pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan banyak pekerja di dalamnya memang tetap memiliki aturan-aturan meskipun tidak dibukukan secara tertulis layaknya SOP. Iya mungkin Anda bisa menyebutnya sebagai pekerjaan tanpa SOP, namun sebenarnya di dalamnya tetap terdapat banyak aturan dan cara kerja.
Beberapa pekerjaan yang tidak memerlukan SOP seperti youtber, penulis lepas, bisnis di babrshop, desainer web atau grafik, memiliki perusahaan di percetakan, penerjemah, dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut memang sekilas tidak memiliki SOP secara tertulis layaknya diperusahaan atau instansi-instansi tertentu, namun sebenarnya memiliki beberapa aturan mengenai langkah pengerjaan dan sebagainya, hanya saja tidak tertulis secara resmi.
Iya SOP memang merupakan perangkat penting dalam mensukseskan sebuah pekerjaan. Tanpa adanya SOP bisa saja terjadi miskoordinasi antara sesama pekerja yang nantinya justru akan merugikan. Adanya SOP juga memudahkan para pekerja baru untuk mengetahuai apa dan bagaimana ia harus bekerja secara efektif dan efisien. SOP juga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk menuju kinerja yang lebih baik lagi dimasa mendatang. Nah sekarang sudah tau kan apa itu SOP? Iya jadi adakah pekerjaan yang tidak memerlukan SOP? Sebanrnya semua pekerjaan memiliki tata aturan mengenai tata cara layaknya yang termuat dalam SOP, namun hanya saja sebagian pekerjaan tidak memerlukan dokumen tertulis layaknya SOP.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon